Minggu, Mei 27, 2012

Tips memasak

Tips Gorengan Agar Renyah dan Gurih

  • Gunakan tepung terigu protein sedang seperti seperti tepung terigu segitiga biru karena tepung terigu protein rendah dapat membuat gorengan menyerap banyak minyak atau kurang renyah. Sedang tepung terigu protein tinggi akan membuat gorengan lebih keras dan liat.
  • Untuk menambah kerenyahan dapat juga ditambahkan sedikit air kapur sirih.
  • Air bisa diganti dengan susu agar hasilnya lebih gurih.
  • Penambahan mentega putih ke dalam minyak goreng dapat menjadi alternatif agar hasil gorengan tidak terlihat berminyak.

Tips Menggoreng Pastel Agar Tidak Bocor

Pastikan pada saat mencetak, ujung-ujung pastel sudah tertutup rapat, untuk mengurangi resiko tersebut, lebih baik setelah pastel diberi isi, pinggiran pastel diberi putih telur atau adonan terigu dan air.
Gunakan minyak yang banyak hingga pastel terendam semua.
Jangan masukkan pastel dalam minyak yang panas karena adonannya tidak akan mulus bahkan akan hancur. Masukkan pastel pada minyak yang hangat lalu digoreng pada api kecil bersuhu 150 derajat celcius.



Tips Membuat Bawang Goreng Cantik

TIPS 1
Setelah bawang diiris, lalu direndam air garam. Baru digoreng. Kalau sudah kuning lalu ditiriskan sampai minyaknya turun Kalau sudah ditaruh dulu di kertas minyak baru ditaruh di toples.
TIPS 2
Sama seperti diatas, tapi waktu digoreng ditaburi tepung beras sedikit.
TIPS 3
Tidak semua bawang bagus dibuat bawang goreng, yang pasti hasilnya bagus adalah bawang sumenep yang ukurannya sedang/besar, iris tipis dengan ketebalan irisan sama biar matengnya bareng. goreng di api kecil sambil terus diaduk.
Atau bisa juga setelah diiris ditaburi sedikit terigu atau maizena, baru digoreng, setelah mateng tiriskan sampai si minyak betul-betul jatuh semua, lalu alasi dengan tissue, angin-angin sebentar lalu simpan ditempat kering dan kedap udara.
TIPS 4
Bawang tidak direndam air, langsung ditaburi garam dan di campur (jadi biar garamnya merata) dan kalau masalah nyimpennya ya memang harus di toples yang tutupnya rapet dan dikasih alas tissue makan/kertas makan.
TIPS 5
Setelah bawang diiris tipis, di beri garam sedikit (sepucuk sendok teh) terus di aduk pelan supaya garam tercampur, diamkan sebentar. Katanya garam menyerap air yang dikandung bawang. Kemudian digoreng Dengan minyak yang banyak, sampai berwarna kuning Insya Allah gurih dan renyah.
TIPS 6
Cuci bawang yang telah dirajang tipis kemudian tiriskan. Setelah airnya habis taburi dengan garam secukupnya kemudian jemur sampai kering (sekitar 2 jam), setelah itu goreng dengan api yang tidak terlalu besar sampai bewarna kuning. Bawang akan terasa gurih dan renyah (tidak berminyak).
TIPS 7
Kupas, cuci, tiriskan baru diiris. Setelah dikupas dan cuci dibiarkan satu malam, bukan supaya tiris sih tapi sudah capek, jadi ngirisnya besok saja (itu juga pakai bantuan alat hehehe)setelah itu, pada saat mau menggoreng :
1. Panaskan minyak dengan api sedang di wajan besar.
2. Ambil sedikit irisan bawang (pas buat sekali ngegoreng) taruh di piring/wadah tersendiri lalu taburi dengan tepung beras sedikit saja dan garam, aduk2x sampai rata. Aku sih ngaduknya pelan2x, sambil digoyang2x seperti orang nampi beras.
3. Goreng di api sedang, begitu mulai akan kuning dikiiiiit saja, langsung kecilin apinya sekecil2xnya
4. Angkat bawang sebelum kuning di wajan, ntar akan kuning sendiri, kalau sampai kuning di wajan, alamat coklat tua nantinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar